27 Jun 2012

Levitasi "Melayang di udara"

Iya gue kemaren sama temen-temen gue nyoba teknik levitasi, ternyata teknik levitasi tuh bikin cape karena kita berkali-kali harus lompat, tapi tidak asal lompat biasa karena ada teknik-tekniknya supaya hasil difotonya itu seakan-akan modelnya melayang bukan melompat. Teknik levitasi tuh memang cape tapi semuanya itu akan terbayar karena hasil fotonya yang keren.

Oya gue lupa, gue belum ngejelasin apa itu levitasi. ini gue kasih tau levitasi itu adalah 
teknik fotografi yang membuat sesuatu atau seseorang tampak seolah-olah melayang tanpa menggunakan alat bantu. Foto levitasi tanpa editing dilakukan oleh model yang melompat dan berpose sehingga seolah-olah ia tampak melayang. Berbeda dengan teknik jump shot dimana objek memang terlihat melompat bukan melayang.

Ini foto-foto levitasi gue dan temen-temen gue waktu hunting kemaren, baru pertama kali nyoba jadi hasilnya belum bagus-bagus banget.


Ini foto pertama levitasi


Lagi nembak apa de?


Lagi foto malah di foto


Terbaaang


Pelan-pelan woi !!

Masih banyak foto levitasi gue sama temen-temen gue tapi segini aja yang gue taro di postingan ini, bukan karena jelek tapi emang ga ada yang bagus lagi. hehehe

Gue juga dapet tips dari levitasihore.tumblr.com buat yang mau nyoba levitasi, ini tipsnya.
Tips membuat foto levitasi tanpa editing:


  • Fotografi levitasi berbeda dengan Jump Shot. Levitasi harus memperlihatkan model yang seakan melayang alami tanpa terlalu banyak ekspresi wajah.
  • Foto levitasi tanpa editing dapat  dilakukan dengan kamera professional (DSLR) maupun kamera biasa (kamera ponsel, pocket cam)
  • Foto levitasi dengan kamera DSLR, bisa memanfaatkan Burst Mode (Continuous Shooting). Dengan sekali menekan tombol shutter, langsung menghasilkan beberapa jepretan sekaligus. Foto-foto hasil jepretan dengan Burst Mode dari kamera DSLR dapat dipilih mana yang paling pas mendapatkan moment “melayang”
  • Foto levitasi dapat dilakukan dengan kamera non-professional, namun lebih tricky karena mengandalkan ketepatan menekan tombol rana saat model melompat.
  • Pastikan cahaya cukup, agar bayangan terbentuk sehingga efek model sedang melayang lebih terlihat.
  • Gunakan shutter speed tinggi untuk menangkap model yg melayang dengan lebih fokus (freeze motion). Cahaya yang cukup sangat berperan untuk mendapatkan shutter speed tinggi.
  • Gunakan low angle, agar model terlihat tinggi melayang.
Masih banyak lagi tips tuk membuat photo ‘melayang’, tips fotografi lainnya bisa kamu cek langsung di levitasihore.tumblr.com
Ayo lo pada harus nyoba levitasi, dijamin seru kok.

20 komentar:

  1. Balasan
    1. ayo coba, bikin yang lebih keren lagi :)

      Hapus
  2. Yang terakhir nampak real banget bro.
    Oh iye, gue juga udah sering banget nih foto-foto beginian. Coba dah mampir ke http://thrw.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah makasih om.
      ternyata senior tuh, ok om menuju tkp.

      Hapus
  3. Itu foto yang terakhir bagus sih :D

    BalasHapus
  4. kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen :)

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. iya bisa, itu buktinya. hehehe
      makasih om

      Hapus
  6. kereeen... Yang ke empat berasa kaya gimana gimanaa gitu.. Tapi kok rasanya susah ya haha :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga susah kok cuma agak cape aja loncat2nya, ayo cobain buat levitasi :)

      Hapus
  7. keren loh :) apalagi yang terakhir yg pake payung. real banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya :) . coba juga dong levitasinya buat yg lebih keren lagi.

      Hapus
  8. wihh, keren jadi pengen nyoba nih

    BalasHapus
  9. Lokaisnya dimana tuh???? Yang terakhir baru keren.. :)))

    BalasHapus
  10. yg terkahir moto itu sapa yg ambil wal gw pa dio ??

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...